Travel

Fasilitas Dibangun, Wisata ke Pantai Selatan Banten akan Makin Nyaman

Pesisir selatan Banten memiliki potensi sejumlah wisata pantai yang indah dan masih bersih. Maka tak heran meski jaraknya cukup jauh jika ditempuh dari kota, masih banyak masyarakat dari Jakarta dan sekitarnya yang datang.

Demi semakin memberikan kenyamanan dan makin menarik minat wisatawan, sejumlah pembangunan fasilitas pendukung pariwisata akan dilakukan Pemerintah Provinsi Banten. Diantaranya Pantai Sawarna, Kecamatan Bayah dan Kecamatan Cibareno, Kabupaten Lebak.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten M Agus Setiawan mencontohkan kegiatan penataan yang akan dilakukan di Desa Sawarna berupa pembangunan menara pandang di Pantai Ciantir dan landmark Pantai Ciantir. Penataan juga akan dilakukan di Pantai Citarate berupa pembangunan toilet wisata, selfie deck, kapal kano dan sepeda air.

Selanjutnya di Pantai Muara Cibareno akan dibangun jalur pedestrian dan landmark, di Curug Kanteh akan dibangun juga pedestrian dan di Desa Pasir Bungur akan dibangun toilet wisata dan perlengkapan arung jeram.

“Selain penyediaan sarana dan prasarana, Dinas Pariwisata juga meningkatkan sumber daya manusia bidang pariwisata dengan program sertifikasi pelaku pariwisata,” kata Agus, Kamis, 11 November 2021.

Program sertifikasi yang dimaksud adalah sosialisasi dan pembinaan sertifikasi CHSE (Cleanliness, health, safety, environment) usaha pariwisata se-Provinsi Banten. “Hasil sertifikasi yang dilaksanakan lembaga sertifikasi telah diberikan kepada 491 usaha pariwisata,” kata Agus.

Terkait pariwisata di Banten, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan perlu ditingkatkan sadar wisata atau sapta pesona masyarakat wisata setempat. “Sehingga wisatawan merasa aman serta nyaman,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.