Bisnis

Kementan Minta Maaf Pejabatnya Pakai Seragam Mirip Kostranas Partai NasDem

Kementerian Pertanian atau Kementan menyampaikan permintaan maaf usai sejumlah pejabatnya menggunakan seragam loreng berwarna biru kuning. Seragam tersebut mirip dengan seragam Komando Strategis Partai Nasdem, partainya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

“Tadi pak ketua menanyakan, bahwa itu seragam yang saya kenal seragamnya Kostranas bapak, saya juga tidak tahu Kostranas itu dalam posisi di Nasdem, terus terang saja tidak tahu,”kata Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono dalam rapat bersama Komisi Pertanian DPR di Jakarta, Senin, 15 November 2021.

Jawaban itu disampaikan Kasdi merespons Ketua Komisi Pertanian dari Fraksi PDI Perjuangan, Sudin, yang menanyakan seragam apa yang digunakan pejabat Kementan tersebut. Sudin adalah salah satu anggota yang mempertanyakan tujuan pejabat tersebut menggunakan seragam ini karena mereka berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Foto para pejabat Kementan berseragam loreng ini dibuka dalam rapat. Di dalamnya ada Kasdi, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi, Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto, dan beberapa pejabat lainnya.

Seragam yang dikenakan bernuansa biru kuning, yang juga merupakan warna pada logo Nasdem. Sebaliknya, Syahrul dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh yang berfoto bersama hanya menggunakan jas hitam.

Tapi mendengar ucapan soal Kostranas, Sudin memotong ucapan Kasdi. “Pak Sekjen, jangan tambah blunder ini masalah, saya tanya Kostranas itu apa?”

Kasdi lalu menjawab bahwa Kostranas yang dipahaminya merupakan singkatan dari Komando Strategis Nasional. “Saya terus terang fungsinya tidak paham juga bapak,” tuturnya.

12 Selanjutnya

“Ohh jadi bapak makai seragam itu gak paham? Ohh besok-besok bapak saya beliin baju Superman pak,” kata Sudin yang hanya direspons dengan tertawa oleh Kasdi.

Kasdi lalu menutup perjelasannya soal seragam Kostranas ini dengan menyampaikan permohonan maaf. “Sekali lagi permohonan maaf kami untuk itu, insyallah dalam waktu yang lain tidak, kami akan pada posisi sebagai ASN,” ujarnya.

Di awal rapat saat foto ini diperlihatkan, Kasdi telah memberi penjelasan soal foto tersebut. “Kehadiran kami sebenarnya dengan atribut itu meski secara formal kami tidak dalam posisi itu sebenarnya, kami ingin menghormati acara tersebut, dan kami hadir bersama juga pak menteri,” kata Kasdi.

Ia tak menjelaskan kapan foto diambil dan hanya meminta maaf bila penggunaan seragan loreng tersebut tidak berkenan bagi anggota komisi. “Tapi sesungguhnya di hati kami tetap dalam upaya birokrat, ya birokrat. Tapi karena ini menghormati, kami memakai atribut itu,” kata dia.

Di sisi lain, laman resmi Partai NasDem pernah memuat berita Kostranas yang juga menggunakan seragam loreng biru kuning tersebut pada Desember 2018. Syahrul saat tercatat sebagai Komandan Kostranas.

Tapi dalam rapat ini, Wakil Ketua Komisi dari Fraksi Nasdem Rusdi Masse Mappasessu pun memberi klarifikasi mengenai foto pejabat Kementan tersebut. “Kami di Nasdem tidak mengenal seragam itu,” kata Ketua Organisasi dan Keanggotaan Nasdem ini.

Ia menduga seragam yang digunakan oleh pejabat Kementan ini digunakan karena kebetulan Syahrul berasal dari Nasdem dan beberapa hari lalu, partainya juga sedang berulang tahun yang ke-10. “Mungkin pak menteri ini memang dia suka jalan rombongan, dengan para Dirjen-nya, mungkin karena kebetulan aja itu. Tapi apa yang ditampilkan seragam dan organisasi itu, tak ada di strutur kami,” kata Rusdi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.