Kesehatan

Tanda-Tanda Menstruasi Akan Segera Datang

Sebelum menstruasi, wanita biasanya merasakan tanda tanda menstruasi beberapa hari sebelumnya. Meski tanda-tanda menstruasi dirasakan berbeda, pada umumnya wanita biasanya mengalami gejala-gejala berikut ini.

Apa Saja Tanda-tanda Menstruasi Akan Segera Datang?

Sebelum menstruasi, beberapa wanita mengalami gejala PMS. Namun, tidak semua wanita mengalami PMS, sehingga sulit untuk “memprediksi” kapan tamu bulanan mereka akan berkunjung. Meski begitu, ada beberapa tanda menstruasi yang biasa dirasakan wanita, di antaranya sebagai berikut.

  1. Kram perut

Kram perut adalah tanda paling umum dari menstruasi. Kondisi ini biasanya muncul 1 hingga 2 hari sebelum jadwal menstruasi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kram perut ini biasanya akan hilang saat Anda sedang menstruasi atau baru muncul di hari pertama.

  1. Jerawat

Selain kram, munculnya jerawat merupakan tanda menstruasi yang paling mudah dikenali. Jerawat muncul karena kadar hormon tubuh meningkat sebelum menstruasi. Hal ini menyebabkan kulit wajah memproduksi minyak secara berlebihan. Penumpukan minyak ini kemudian menyumbat pori-pori dan menghasilkan jerawat.

  1. Payudara terasa kencang dan nyeri saat disentuh

Jika payudara Anda terasa bengkak, lebih berat, dan nyeri, terutama di bagian luar, ini pertanda Anda akan segera datang bulan. Perubahan payudara disebabkan oleh peningkatan hormon prolaktin, yaitu hormon yang meningkatkan produksi ASI.

  1. Lelah tapi susah tidur

Ketika tamu bulanan datang, Anda akan lebih sulit untuk tidur di malam hari meskipun tubuh Anda sudah lelah. Terjadinya kondisi ini merupakan kombinasi dari berbagai penyebab, seperti: perubahan hormonal menjelang menstruasi, stres fisik karena tubuh lelah.

Dan stres emosional dari aktivitas sehari-hari. Usahakan untuk membuat kamar tidur senyaman mungkin saat tanda-tanda menstruasi ini muncul.

  1. Sembelit atau diare

Beberapa wanita dapat mengeluhkan gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare selama beberapa hari sebagai ciri dari menstruasi. Ini karena peningkatan hormon sebelum menstruasi. Peningkatan hormon prostaglandin dapat memicu usus berkontraksi sehingga menyebabkan diare, sedangkan peningkatan hormon progesteron dapat memicu terjadinya konstipasi

  1. Perut kembung

Sudah makan teratur, tapi perut masih terasa kembung dan kembung? Bisa jadi itu adalah pertanda akan datangnya masa haid. Untuk mengatasi perut kembung saat menstruasi, cobalah untuk mengurangi asupan makanan yang tinggi garam dan menggantinya dengan makan lebih banyak buah dan sayuran, serta berolahraga secara teratur.

  1. Sakit kepala

Beberapa wanita mengalami tanda-tanda seperti sakit kepala sebelum menstruasi. Ternyata, hal ini ada hubungannya dengan perubahan kadar hormon estrogen tubuh, yang bisa mengganggu kondisi otak. Akibatnya, ada sakit kepala saat menstruasi.

  1. Perubahan suasana hati

Selain perubahan fisik, menstruasi juga bisa mengubah mood menjadi tidak stabil atau mood swing. Sebelum menstruasi, Anda mungkin menjadi mudah tersinggung atau tiba-tiba menangis, padahal sebelumnya Anda bahagia.

  1. Peka terhadap suara, cahaya, dan sentuhan

Beberapa wanita dengan sindrom pramenstruasi, merasa lebih sensitif terhadap suara, cahaya dan sentuhan selama menstruasi. Hal ini membuatnya merasa lebih mudah gelisah saat berada di tempat yang bising, mudah disinari cahaya, dan tidak nyaman saat disentuh orang lain.

Jika Anda sudah merasakan tanda-tanda menstruasi ini, siapkan pembalut wanita, terutama saat Anda bepergian ke luar rumah.

  1. Perut Bawah dan Sakit Punggung

Saat gejala-gejala tersebut muncul, umumnya wanita mulai peka bahwa hal-hal yang dirasakan selama ini merupakan tanda-tanda akan datangnya haid. Ketika lapisan rahim luruh ke dalam darah menstruasi, proses ini dapat menyebabkan rasa sakit dan kram, tetapi tidak sampai parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.