Otomotif

Baru Diresmikan Presiden Jokowi, Inilah 3 Fakta Menarik Sirkuit Mandalika

Presiden Joko Wododo atau Jokowi telah meresmikan Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada hari ini, Jumat, 12 November 2021. Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang balap motor internasional WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika tersebut pada 19-21 November mendatang.

Melansir dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mandalika merupakan area dengan luas 1.035,67 hektare di NTB yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Mandalika menjadi salah satu destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif yang potensial. Apalagi dengan adanya sirkuit Mandalika yang bertaraf internasional menjadi nilai tambah kawasan ini.

Pemerintah juga telah mengoptimalkan berbagai infrastruktur untuk meningkatkan aksesibilitas Sirkuit Mandalika, seperti persiapan akses jalan langsung dari Bandara International Lombok ke Mandalika, perpanjangan lintasan pesawat di bandara, pengembangan pelabuhan Gili Mas menjadi cruise terminal, dan berbagai infrastruktur penunjang lainnya.

Berikut fakta-fakta menarik Sirkuit Mandalika yang dikutip Tempo dari laman kemenparekraf.go.id:

1. Memiliki 17 tikungan dan 40 garasi

Sirkuit Mandalika dibangun sepanjang 4,31 kilometer dengan 17 tikungan. Selain itu, sirkuit internasional ini juga memiliki area paddock atau garasi untuk tim balap sebanyak 40 garasi. Garasi-garasi tersebut dibangun secara permanen dan di bagian atasnya terdapat ruang pers dan liputan. Sirkuit Mandalika menampung 50 ribu tempat duduk di grandstand dan total mencapai 195,700 orang.

2. Aspal didatangkan dari Inggris

Untuk lapisan paling atas trek Sirkuit Mandalika, PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mendatangkan aspal khusus dari Inggris. Sedang lapisan aspal bagian bawah trek asli buatan Indonesia. ITDC juga mendatangkan pagar pembatas pinggiran sirkuit langsung dari Jerman. Kendati begitu, untuk komponen lainnya, Sirkuit Mandalika tetap mengandalkan produk buatan lokal NTB, salah satunya batu kerikil untuk Gravel sirkuit.

3. Masuk Kalender Superbike WSBK 2021 dan MotoGP 2022

Rencananya, pada 2021 sirkuit Mandalika siap menggelar ajang balap MotoGP, namun batal karena situasi pandemi. Kendati begitu, sirkuit Mandalika kembali dijadwalkan masuk kalender balap MotoGP musim mendatang yang rencananya akan digelar pada Maret 2022.

Sebelum dipakai untuk ajang balap MotoGP, sirkuit Mandalika akan digunakan terlebih dulu dalam ajang balap Superbike World (WSBK). Rencananya, sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah Superbike World seri ke-11 pada 19-21 November 2021 mendatang.

HENDRIK KHOIRUL MUHID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.