Gaya

Mengenal Konstruksi Bangunan pada Hotel

Konstruksi bangunan khususnya pondasi harus dipersiapkan secara matang karena berpengaruh pada kokoh tidaknya hasil keseluruhan. Hal ini pun berlaku pada bangunan hotel yang biasanya terdiri lebih dari 10 tingkat.

Bagaimana konstruksi pondasi dibuat sehingga menghasilkan kekuatan yang bisa menopang beban berat di atasnya? Yuk simak pembahasan selengkapnya di bawah ini. 

Mengenal Jenis Pondasi sebagai Konstruksi Bangunan yang Vital pada Hotel

Pondasi menjadi bagian paling krusial dalam membuat sebuah bangunan, termasuk hotel. Ada beberapa teknik pembuatan pondasi yang biasanya dilakukan. 

Penggunaan teknik ini diambil berdasarkan beberapa faktor, misal letak tanah tempat bangunan tersebut berdiri atau tipe bangunan yang akan dibuat. 

Pembuatan pondasi harus dihitung secara seksama untuk menjamin keamanan dan ketenangan penghuni di dalamnya. Simak yuk jenis-jenis pondasi yang biasanya dipakai dalam pembuatan hotel. 

  • Jenis Pondasi Tiang Pancang

Jenis pertama yaitu pondasi tiang pancang yang termasuk dalam kategori pondasi dalam. Pondasi ini bisa digunakan untuk pembangunan dalam skala kecil hingga skala besar. 

Pondasi tiang pancang memiliki beragam kelebihan, antara lain daya tahan yang lama karena kerangkanya dapat menghindari pelapukan ataupun munculnya karat dari dalam tanah. 

  • Jenis Pondasi Bore Pile

Bentuk dari jenis pondasi satu ini berupa tabung panjang yang ditancapkan ke dalam tanah. Pondasi bore pile juga memiliki kelebihan antara lain pemasangan bisa dilakukan tanpa menimbulkan suara bising. 

Pondasi bore pile tidak mudah mengalami pergeseran. Tak heran jika jenis pondasi ini banyak digunakan di tanah yang memiliki lokasi di sekitar lereng, lahan berukuran sempit serta bisa dibuat di atas tanah kering yang kokoh maupun di tanah berair. 

  • Pondasi Sumuran

Pondasi sumuran adalah salah satu jenis pondasi yang cukup populer di Indonesia karena cocok digunakan untuk tempat yang memiliki struktur tanah keras, misalnya tanah berbatu. Disebut dengan pondasi sumuran karena bentuknya silinder seperti sumur. 

Pembuatan pondasi ini menggunakan beberapa sumur yang disesuaikan dengan konstruksi bangunan. Rangka pondasi sumuran terdiri dari pipa beton silinder yang disusun, selanjutnya dicor dan diperkuat dengan isian batu belah. 

Salah satu keuntungan yang dimiliki pondasi sumuran yaitu bangunan yang dibuat akan lebih tahan gempa karena kemampuannya memperkuat daya tahan bangunan dari guncangan gempa. 

  • Jenis Pondasi Piers

Pondasi piers dibuat dengan menggali tanah dengan kedalaman yang sudah ditentukan sebelumnya. Selanjutnya pondasi akan ditancapkan ke dalamnya. 

Pondasi berasal dari bahan-bahan kokoh, seperti beton precast yang nantinya akan menyesuaikan dengan tinggi pondasi. 

  • Jenis Pondasi Basement

Basement dibuat dengan tujuan untuk mengoptimalkan lahan serta menyiasati harga tanah yang semakin tinggi. Ada banyak hotel yang dibangun dan dilengkapi dengan basement

Dalam pembuatan basement, terdiri dari tiga bagian antara lain metode konstruksi, retaining wall dan dewatering. Hal inilah yang menjadi kunci kekokohan basement karena setiap bagiannya memiliki masing-masing peran untuk menopang beban bangunan secara keseluruhan. 

Basement dibuat dengan dua jenis yaitu basement full dan daylight. Pada basement full, ruangan dibuat tanpa adanya jendela sedangkan basement daylight terdapat jendela baik di dalam tanah ataupun di atas tanah. 

Nah, untuk pembuatan pondasi sebagai salah satu konstruksi bangunan hotel yang penting, Anda bisa menggunakan semen SCG yang telah dipercaya selama puluhan tahun. 

Keunggulan semen SCG PCC disamping harga semen yang terjangkau, produk semen SCG dari SCGBM Indonesia ini cocok digunakan untuk berbagai pekerjaan konstruksi, termasuk pengecoran pada pembuatan konstruksi bangunan hotel. Bertekstur halus, lebih tahan penyusutan sehingga dapat mempersingkat waktu pengerjaan. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.