Kesehatan

Operasi Ganti Bonggol Paha

Operasi ganti bonggol paha adalah prosedur medis yang melibatkan pengangkatan sendi pinggul yang sakit dan menggantinya dengan sendi palsu atau implan, biasanya terbuat dari plastik dan logam keras.

Operasi ini juga dikenal sebagai artroplasti. Sendi prostetik baru dapat memulihkan fungsi pinggul dan membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh kondisi seperti radang sendi. Biaya operasi tulang pinggul sekitar Rp 70 Juta. Biaya tersebut merupakan biaya paket yang meliputi biaya operasional, rawat inap, dan obat-obatan.

Operasi penggantian pinggul dianggap sebagai salah satu prosedur terobosan dalam bedah ortopedi. Ini dapat dilakukan pada pasien dari segala usia, dari remaja dengan artritis juvenil hingga pasien lanjut usia dengan artritis degeneratif.

Ada beberapa alasan mengapa dokter Anda dapat merekomendasikan operasi penggantian pinggul. Orang yang mendapat manfaat dari operasi penggantian pinggul sering memiliki:

  • Nyeri pinggul yang membatasi aktivitas sehari-hari, seperti berjalan dan membungkuk
  • Nyeri pinggul yang menetap saat istirahat, baik siang maupun malam
  • Kekakuan pada pinggul yang membatasi kemampuan untuk menggerakkan dan mengangkat kaki
  • Pereda nyeri yang tidak memadai dari obat anti-inflamasi, terapi fisik, atau alat bantu jalan

Penyebab Umum Nyeri Pinggul

Penyebab paling umum dari nyeri pinggul kronis dan kecacatan adalah radang sendi. Osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan arthritis traumatis adalah bentuk paling umum dari penyakit ini.

Osteoartritis. Ini adalah jenis arthritis keausan yang berkaitan dengan usia. Biasanya terjadi pada orang berusia 50 tahun dan lebih tua dan sering pada individu dengan riwayat keluarga arthritis. Tulang rawan yang menopang tulang pinggul sudah habis.

Tulang lalu bergesekan satu sama lain, menyebabkan nyeri pinggul dan kekakuan. Osteoarthritis juga dapat disebabkan atau dipercepat oleh ketidakteraturan halus dalam perkembangan pinggul di masa kanak-kanak.

Artritis reumatoid. Ini adalah penyakit autoimun di mana membran sinovial menjadi meradang dan menebal. Peradangan kronis ini dapat merusak tulang rawan, menyebabkan rasa sakit dan kekakuan. Rheumatoid arthritis adalah jenis paling umum dari sekelompok gangguan yang disebut radang sendi.

Artritis pasca trauma. Ini dapat mengikuti cedera pinggul yang serius atau patah tulang. Tulang rawan bisa menjadi rusak dan menyebabkan nyeri pinggul dan kekakuan dari waktu ke waktu.

Osteonekrosis. Cedera pada pinggul, seperti dislokasi atau patah tulang, dapat membatasi suplai darah ke kepala femoral. Ini disebut osteonekrosis (juga kadang-kadang disebut sebagai nekrosis avaskular).

Kekurangan darah dapat menyebabkan permukaan tulang runtuh, dan akan mengakibatkan radang sendi. Beberapa penyakit juga dapat menyebabkan osteonekrosis.

Penyakit pinggul masa kecil. Beberapa bayi dan anak-anak memiliki masalah pinggul. Meskipun masalah berhasil diobati selama masa kanak-kanak, mereka masih dapat menyebabkan radang sendi di kemudian hari. Ini terjadi karena pinggul mungkin tidak tumbuh normal, dan permukaan sendi terpengaruh.

Evaluasi Ortopedi

Evaluasi dengan ahli bedah ortopedi terdiri dari beberapa komponen yaitu:

  • Riwayat kesehatan. Ahli bedah ortopedi Anda akan mengumpulkan informasi tentang kesehatan umum Anda dan mengajukan pertanyaan tentang sejauh mana nyeri pinggul Anda dan bagaimana hal itu mempengaruhi kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Pemeriksaan fisik. Ini akan menilai mobilitas pinggul, kekuatan, dan keselarasan.
  • Sinar X. Gambar-gambar ini membantu menentukan tingkat kerusakan atau deformitas di pinggul Anda.
  • Tes lain. Terkadang tes lain, seperti pemindaian magnetic resonance imaging (MRI), mungkin diperlukan untuk menentukan kondisi tulang dan jaringan lunak pinggul Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.