Usaha untuk melamar pekerjaan saat ini memang perlu lebih ekstra dari pada jaman dahulu. Dimana terbatasnya lapangan pekerjaan membuat Anda harus bersaing dalam segala hal. Banyak hal-hal kecil yang kadang tidak disadari menjadi salah satu penilaian seorang HRD kepada calon pekerja. Salah satunya dengan cara membalas email HRD yang ternyata tidak bisa dilakukan secara sembarangan begitu saja. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang dalam kondisi tersebut akan dibantu secara lebih mudah melalui artikel kali ini.

Tidak seperti membalas pesan teman, ketika hal itu ditujukan oleh HRD perusahaan tentu banyak yang perlu untuk diperhatikan. Apalagi tidak jarang itu menjadi salah satu tambahan nilai saat pelamar pekerjaan di evaluasi, apakah akan menambah baik atau justru buruk. Makanya supaya tetap memberikan kesan yang bagus jangan lakukan asal-asalan. Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebelumnya, antara lain:

  1. Balas dengan cepat.

Jangan pernah menunda untuk memberikan respon, apalagi itu merupakan salah satu harapan dari palamar pekerjaan. Usahakan perusahaan atau pihak HRD sudah mengetahui respon Anda dengan baik kurang dari 24 jam atau maksimal 48 jam. Baik akan menolak ataupun menerima tetap harus beri informasi cepat.

  1. Balas dengan sopan.

Pemilihan kata tidak bisa sembarangan ketika Anda akan melakukan balasan email dari HRD, pastikan sopan dengan sapaan ataupun kata yang tidak berkenan bisa dihindari. Selalu utamakan pemberian salam, terima kasih dan maaf dengan bahasa yang formal tapi sopan.

  1. Balas lebih jelas dan tepat.

Meskipun perlu untuk cepat membalas, tetapi pastikan jika pesan yang ingin Anda sampaikan tidak bertele-tele. Kirim dengan jawaban yang ringkas mungkin, singkat, pada tetapi jelas sehingga mudah untuk diterima.

  1. Balas secara professional.

Selain dengan memberikan jawaban yang jelas, berikan kesan yang professional dalam kata-kata balasan tersebut. Cara membalas email HRD dengan professional dan baik akan memberikan nilai lebih kepada kesan yang diterima HRD.

Setelah mengenal mengenai tahapan atau poin penting yang harus diperhatikan ketika membalas email dari HRD. Berikut ini ada sedikit contoh balasan yang bisa Anda jadikan inspirasi, pada intinya pesan yang disampaikan adalah mengkonfirmasi kehadiran. Berikut sedikit contohnya:

Yth Bapak / Ibu HRD

Selamat pagi/siang, terima kasih atas diberinya kesempatan yang baik kepada saya untuk menjalani interview dalam tahap rekruitmen ini di perusahaan ini. Saya siap hadir untuk interview pada tanggal sesuai dengan yang sudah ditentukan.

Bila ada informasi tambahan mengenai interview lamaran saya untuk posisi tersebut, Bapak/Ibu HRD bisa berikan informasi melalui nomor telephone saya yang sudah tercantum dibawah ini. Terima kasih, nama lengkap.

Diatas merupakan sedikit contoh yang bisa Anda lakukan untuk mengkonfirmasi kehadiran, bisa pula menjadwalkan ulang dengan permintaan maaf jika waktu tersebut tidak bisa hadir. Jika bisa meminta waktu pilihan selanjutnya ataupun yang lain. Begitu pula ketika Anda memutuskan untuk tidak hadir, pastikan tetap memberikan kepastian sebagai dasar kesopanan Anda sebagai calon pekerja di perusahaan.

Setidaknya dengan mengetahui tahapan atau poin penting apa saja yang perlu untuk diperhatikan dalam cara membalas email HRD  tepat, pasti akan lebih mudah. Diatas hanyalah sedikit referensi, untuk lebih jelasnya Anda bisa melakukan pengembangan sendiri dengan kata yang lebih sopan, sapaan yang lebih hormat ataupun yang lainnya. Setidaknya sudah mengetahui etika dalam membalas terbaik terlebih dahulu, semoga dapat membantu.

 

 

 

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *